PENGANTAR BISNIS KUNJUNGAN KULINER KETOPRAK KHAS DKI JAKARTA

KETOPRAK KHAS DKI JAKARTA



 Ketoprak adalah makanan khas Indonesia yang cukup populer di masyarakat. Seperti halnya gado-gado, ketoprak juga berasal dari Betawi atau Jakarta. Cara penyajian ketoprak pun tidak jauh berbeda dengan gado-gado, yaitu dengan dengan menggunakan saus bumbu kacang. Bedanya jika gado-gado menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya, ketoprak justru menjadikan lontong atau ketupat dan bihun sebagai bahan utama. Untuk menyeimbangkan kandungan karbohidrat dari lontong dan bihun, ketoprak juga dilengkapi potongan tahu yang digoreng setengah matang, taoge, dan kerupuk. Tak lupa tambahan kecap manis untuk memperkaya cita rasa.kemudian ditaburi kerupuk tapioka merah serta bawang goreng sebagai garnish-nya. Untuk versi istimewa, biasanya Ketoprak memakai telur rebus atau telur dadar, kerupuknya pun menggunakan kerupuk udang.

Dari penyajiannya, Ketoprak memang agak mirip-mirip dengan berbagai hidangan populer lainnya yang menggunakan bumbu utama kacang goreng yang diulek. Seperti Karedok, Gado-Gado, Lotek maupun Pecel. Namun, selain di Jakarta, ternyata Ketoprak dapat dijumpai di wilayah Pantura, Jawa Barat. Seperti yang ada di Cirebon, yang memiliki citarasa khas yang mirip sekali dengan ketoprak yang bernama Nasi Lengko. Bedanya, Nasi Lengko tidak menggunakan lontong melainkan nasi. Nasi Lengko juga tidak menggunakan mihun, namun menggunakan tahu goreng dengan jumlah yang banyak.

Untuk menikmati sajian Ketoprak ini tidaklah sulit. Biasanya banyak dijumpai oleh gerobak khas tukang ketoprak yang mangkal di beberapa sudut tikungan jalan.Rasanya yang enak gurih dan didukung oleh citarasa yang manis membuat Ketoprak sebagai comfort food yang mengandung nilai gizi dan mudah disukai serta cocok dihidangkan untuk anak kecil maupun orang dewasa

Kunjungan Kami ke Salah Satu tempat kuliner di Indonesia
“ketoprak”

Tempat:
Setu babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah,Kecamatan Jagakarsa,Kotamadya Jakarta Selatan,Indonesia dekat Depok,untuk stand nya berasa di barisan sebelah kiri setu,disitu anda dapat melihat dengan jelas stand ketoprak khas Dki Jakarta bu mimin.Kalangan yang membeli kebanyakan dari kalangan masyarakat sekitar.

Berikut mmerupakan hasil wawancara saya dengan penjual ketoprak yang berada di stand Makan Ketoprak khas Dki Jakarta

·         Sudah berapa lama menjual ketoprak?
Bu Mimin mengaku sudah berjualan ketoprak di setu babakan tersebut sejak 2003,ia mengaku terinspirasi berjualan ketoprak dari kakaknya. .
·         Darimanakah mendapat resep untuk makanan ketoprak ini ?
Dikampung halaman penjual sudah ada yang berjualan ketoprak hanya saja namanya yang berbeda. Jadi, karna dia sudah mengetahui resep dari kakaknya , ia mencobanya sendiri untuk berjualan ketoprak.

  Bagaimana cara mempertahankan usaha ini ?
Caranya yaitu dengan merebut kepercayaan konsumen, menciptakan kepuasan konsumen dari cara memperlakukan dan rasa yang diberikan dari ketoprak ini,walaupun banyak pesaing tetapi tidak pernah merasa takut dengan usaha yang dijalankan sendiri,Tidak memberikan harga yang tinggi .
·         Bagaimana awal mulai berdagang ?
Bu mimin dari awal memang sudah ingin berwirausaha mengikuti jejak kakaknya . oleh karena itu pada tahun 2002 ia ikut berdagang dengan kakaknya di jakarta dan pada tahun 2003 ia berniat untuk membuka usaha sendiri yang dimodali oleh kakaknya namun pada saat pertama kali berdagang ia berdagang di sekitaran jalan margonda raya.dan saat ini ia berniat untuk berjualan ketoprak berdua dengan kakaknya

RESEP KETOPRAK KHAS DKI JAKARTA
 
Bahan:
  • 2 buah tahu putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 ml air
  • 4 buah lontong, potong-potong
  • 100 gram taoge, seduh
  • 100 gram bihun, seduh
  • 4 sendok teh kecap manis untuk penyajian
  • 8 sendok teh bawang merah goreng untuk taburan
  • 100 gram kerupuk kanji, goreng
  • 1 buah ketimun, potong 4 bagian, iris
  • minyak untuk menggoreng
Bahan Sambal Kacang:
  • 150 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
  • 6 buah cabai rawit merah, rebus
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 25 gram gula merah, sisir halus
  • 25 ml air asam (dari 2 sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air)
  • 150 ml air
Cara membuat:
  • Rendam tahu dalam larutan garam, bawang putih, dan air. Goreng sampai matang. Potong-potong.
  • Sambal kacang: ulek cabai rawit merah, bawang putih, garam, dan gula merah. Masukkan kacang tanah. Ulek rata. Tambahkan air dan air asam. Ulek rata.
  • Sajikan lontong, potongan tahu, taoge, bihun, dan sambal kacang. Tambahkan kecap manis.
  • Sajikan setelah ditabur bawang merah goreng dan kerupuk kanji.
  • Untuk 4 porsi

Berikut ini adalah hasil foto yang saya ambil saat saya berada di stand Ketoprak Khas Dki Jakarta
1.ini adalah saat bu mimin membuat bumbu saus kacang terlebih dahulu

2. tambahkan bumbu-bumbu untuk membuat saus kacang seperti kacang tanah,cabai,bawang putih garam ataupun kecap lalu aduk dan beri air sedikit


3.Bu mimin sedang memotong ketupat


4.Tambahkan bahan utama lainya seperti tahu,bihun,tauge,telur,mentimun dan kecap secukupnya


5.Ketoprak siap dihidangkan





Tak lupa juga saya berfoto dengan bu mimin selaku pemilik stand Ketoprak khas Dki Jakarta ini



Komentar

  1. Nama saya Siti Maria, dari Indonesia.
    Saya menghubungi Mrs RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT COMPANY untuk pinjaman bisnis tanpa jaminan sebesar $10,000 Kemudian saya diberitahu tentang langkah menyetujui jumlah pinjaman yang saya minta.

    Setelah mengambil risiko lagi karena saya begitu putus asa untuk mendirikan bisnis yang sangat mengejutkan saya, jumlah pinjaman disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam waktu 7 jam perbankan tanpa stres untuk mendapatkan pinjaman saya.

    Saya terkejut karena saya adalah korban penipuan pertama! Jika Anda tertarik untuk mengamankan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON melalui
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    Email rikaandersonloancompany@gmail.com

    untuk pertanyaan dan penjelasan
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084
    Siti: mariasity62@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Perekonomian Indonesia Tentang Neraca Pembayaran,Arus Modal Masuk dan Utang Luar Negeri

MANUSIA BUDAK TEKNOLOGI DAN GADGET